Rabu, 10 Oktober 2018

PENGANTAR KOMPUTER #2

RESUME #2
Materi Pembelajaran
A. Definisi Jaringan Komputer (Jarkom)
B. Keuntungan Jarkom
C. Komponen Jarkom
D. Sejarah Jarkom
E. Klasifikasi Jarkom
F. Komunikasi Data
G. Layer OSI
H. TCP/IP
I. Internet
J. Panduan Dasar Troubleshooting
K. Panduan Penggunaan Medsos

A. Definisi Jaringan Komputer (Jarkom)
wordpress.com
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data (Wikipedia, 2018)

B. Keuntungan Jarkom
1. Sharing resources: Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi
3. Integrasi Data: Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya
4. Kemudahan Pengembangan dan Pemeliharaan: Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
5. Keamanan Data
6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini

C. Komponen Jarkom: Hardware & Sofware
Hardware
http://mudahbelajarkomputerpemula.blogspot.com/2015/10/perangkat-keras-jaringan-komputer.html
1. Devices
a) End devices : yang menghasilkan atau menerima pesan (PC, Smartphone, Server, CCTV IP,   VoIP)
         b) Intermediate devices : yang membantu proses komunikasi data (router, switch, firewall)
2. Media
a) Kabel : Kabel tembaga (UTP, STP, Coaxial, serial, dll) dan kabel fiber
b) Nirkabel : gelombang radio (contoh protokol Wifi, Wimax, 3G, 4G,CDMA, VSAT)

Software
https://informasitekhnologiterbaru.blogspot.com/2015/08/perangkat-jaringan-komputer-dan.html
1. Aplikasi yang menggunakan konektivitas jaringan (misalnya protokol web, email, game, dll)
2. Routing protocol : yang memungkinkan perangkat intermediate saling berbagi informasi.
Hardware
http://masdoeryilham.com/mengenal-hardware-perangkat-keras-jaringan/
1. Kartu Jaringan (Ethernet / Wireless)
2. Kabel Jaringan
3. Switch / Hub
4. Wireless Access Point
5. Router
6. Modem
7. Firewall
Network Interface Card (NIC)
aliExprees.com

Kabel Jaringan
·         Twisted Pair
Kabel berpilin (Twisted Pair), menggunakan kabel berpasangan dimana tujuannya untuk menghilangkan efek crosstalk. Banyak digunakan untuk jaringan LAN, dikarenakan mampu mengirimkan bandwidth dengan jumlah yang besar. Jenis kabel twisted pair menurut pelindungnya dibagi menjadi : Unshielded Twisted Pair (UTP) dan Shield Twisted Pair
·         Fiber Optic

Jenis kabel yang satu ini tidak menggunakan tembaga (cooper), melainkan serat optik. Dimana sinyal yang dialirkan berupa berkas cahaya. Mampu mengirimkan bandwidth lebih banyak. Banyak digunakan untuk komunikasi antar Backbone, LAN dengan kecepatan tinggi.
Switch / Hub
·         Hub adalah perangkat untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan, yang hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung ataupun concentrator saja, serta hanya menguatkan sinyal di kabel Unshielded TwistedPair (UTP). Hub tak mengenal MAC Addressing sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan akibatnya tabrakan data tak bisa dihindari.
·         Switch adalah perangkat yang mempunyai fungsi dasar sama dengan hub, namun telah menggunakan MAC Addressing dalam transmisi data. Switch memiliki dua jenis yaitu manageable dan unmanage. Manageable yaitu dapat ditentukan alamat IP permasing-masing portnya.
Wireless Access Point

·         Wireless Access Point (WAP) memiliki fungsi dasar yang sama dengan switch yaitu untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan namun koneksinya tanpa menggunakan kabel.
·         WAP berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal data ke dan dari client.
Router
pcmag.com

 adalah perangkat yang bertugas untuk menyaring lalu lintas data berdasarkan jenis protocol tertentu, router tercipta karena perlunya membagi jaringan secara logikal dengan cara membagi menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas dengan alamat IP tertentu yang dapat mengalir antar segmen satu dengan yang lain. Jadi intinya router digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer (LAN) dengan jaringan komputer lainnya.

Modem 
jakartanotebook.com
adalah perangkat yang digunakan untuk terhubung dengan internet melalui Internet Service Provider (ISP) baik dengan media kabel (kabel telepon/internet) atau nirkabel (wireless).
Firewall
wikipedia.org
sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah trafik networks yang tidak aman. Firewall biasanya disimpan pada gateway antara jaringan private dengan internet

D. Sejarah Jarkom
• 1969 – ARPANET, first packet switched network consist of UCLA, Stanford, UC
Santa Barbara and Utah University
• 1971 – first email program
• 1974 – TCP/IP
• 1980’s – Local Area Networks (LANs)
• 1984 – OSI Layer
• 1990’s – WWW / Internetworking

E. Klasifikasi Jarkom:
Media Transmisi Data
1. Jaringan berkabel (Wired Network) yaitu jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan
komputer lain menggunakan media penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik.
2. Jaringan nirkabel (Wi-Fi) yaitu jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer
lain dengan media berupa gelombang elektromagnetik yang dapat mengirimkan sinyal informasi sehingga tidak diperlukan kabel

Area / Geografis
jurnalismultimedia.blogspot.com
1. Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium, gedung perkantoran, dsb. Areanya berkisar 1-10 KM. Transmisi datanya biasanya cukup dengan menggunakan kabel jaringan atau wireless.
2. Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. MAN biasanya menghubungkan sejumlah LAN ) dengan menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti fiber optic, dan menyediakan layanan up-link untuk Wide Area Network (WAN) dan Internet. Areanya berkisar 10-50 KM. Transmisi datanya mengandalkan kabel fiber optic. Misalnya: First Media Bintaro Area
3. Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas lagi dan terpisah area geografis. Transmisi datanya menggunakan kabel fiber optic dan atau satelit.  Contoh: WAN Kemenkeu
4. Internet (interconnected network) adalah kumpulan dari jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung secara global.

Fungsi/Peran
1. Peer to Peer adalah jaringan yang menghubungkan antar komputer di mana masing—masing komputer yang terhubung tersebut memiliki peran yang sama.
2. Client Server adalah jaringan yang menghubungkan antar komputer di mana terdapat komputer yang berperan sebagai server (penyedia data) dan terdapat komputer yang berperan sebagai client (peminta data).

Distribusi data
1. Jaringan terpusat yaitu jaringan komputer jenis client dan server, di mana komputer client dapat mengakses data atau informasi pada satu komputer server.
2. Jaringan terdistribusi adalah kumpulan dari beberapa jaringan terpusat di mana komputer-komputer yang berperan sebagai server saling terhubung untuk distribusi data sehingga komputer client dapat mengakses data atau informasi dari server mana saja yang dapat dijangkau. Contoh: jaringan perbankan.

Topologi
Topologi merupakan Tata letak dan hubungan komponen fisik dalam jaringan komputer. Topologi fisik dan logika
Topologi fisik:
1. Topologi point to point
2. Topologi bus
3. Topologi linier
4. Topologi bintang
5. Topologi cincin
6. Topologi mesh
7. Topologi tree
8. Topologi hybrid
Topologi logika :
1. Broadcast
2. Token passing

markijar.com

Topologi Point  to Point
Topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer / node untuk saling terhubung dengan menggunakan satu kabel untuk proses pertukaran data. Dua node ini tidak perlu berbagi media dengan node lain, sehingga tidak perlu menggunakan pengalamatan khusus
Topologi Bus
Topologi ini biasanya digunakan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic, kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.
Topologi Linier
Disebut juga dengan topologi bus beruntut, biasanya menggunakan satu kabel utama guna menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer.
Topologi Ring/Cincin
Salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin
Topologi Mesh
Topologi ini memiliki jalur yang banyak karena setiap komputer terhubung secara langsung dengan komputer lainnya. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.
Topologi Star/Bintang
Topologi jaringan yang menggunakan switch/ hub untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain.
Topologi Tree
Topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.
Topologi Hybrid
Topologi hybrid merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda. Pada saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, disaat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.
Topologi Fisik
1. Topologi Broadcast, secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.
2. Topologi Token Passing, Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision dapat dicegah.
Topologi u/ Wireless
1. Point to point (satu ke satu), misalnya bluetooth
2. Point to multipoint (satu ke banyak), misalnya koneksi WiFi

F. Komunikasi Data: Protocol
Komunikasi data pada jaringan komputer dilakukan dengan menggunakan protocol tertentu. Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim (transmitter) dan sisi penerima (receiver) agar komunikasi berlangsung dengan benar. Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat
berkomunikasi dengan bahasa yang sama.
Fungsi Protocol
• Fragmentasi dan Reassembly membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
• Encaptulation melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kodekode koreksi dan lain-lain.
• Connection Control membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
• Flow Control mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.
• Error Contro mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan karena dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima.
• Transmission Service memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.
Mekanisme : Suatu data dikirimkan melalui jaringan komputer dengan memecah data menjadi
beberapa bagian yang disebut segmen.

G. Layer OSI
OSI (Open System Interconnection) sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperabilitas antar vendor perangkat yang berbeda.
FUNGSI
APLLICATION Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.
Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
PRESENTATION Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke
dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).
SESSION Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Lapisan ini bertanggung jawab untuk melakukan sinkronisasi antara pertukaran data antar komputer, membuat struktur session komunikasi, dan beberapa masalah yang berkaitan secara langsung dengan percakapan antara node-node yang saling terhubung di dalam jaringan. Lapisan ini juga bertanggung jawab untuk melakukan fungsi pengenalan nama pada tingkat nama
jaringan logis dan juga port TCP atau port-port komunikasi. TRANSPORT Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan
ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.
NETWORK Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paketpaket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

H. TCP/IP
Protokol TCP / IP adalah protokol suite yang paling luas digunakan untuk jaringan komputer dan komunikasi digital saat ini. Protokol suite maksudnya adalah kumpulan dari beberapa protokol yang bekerja sama untuk mencapai sebuah fungsi. Namanya berasal dari 2 protokol yang paling dominan
dalam suite tersebut, yaitu:
1. Transmission Control Protocol (TCP)
2. Dan Internet Protocol (IP)
TCP/IP digunakan untuk memfasilitasi komunikasi dalam suatu jaringan sehingga protocol TCP / IP memungkinkan paket data untuk dikirim, dan dialihkan dari komputer sumber ke komputer tujuan.
Resource Sharing
-  Setiap pengguna pada jaringan dapat menggunakan program, peralatan, atau peripheral lainnya tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengguna lainnya.
- Menghemat waktu, tenaga, dan biaya
- Memudahkan pengguna dalam mengakses data dari sumber data
 Contoh:
Ø Sharing Printer
Ø Sharing File
Ø Sharing Folder
Ø Sharing Aplikasi
Ø DLL

I.  Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET adalah merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
Connection
Kabel
• Via kabel telepon dan modem suara (obsolete)
• Via kabel telepon dan modem DSL (misalnya speedy)
• Via kabel fiber to premises (misalnya indihome, first media)
Nirkabel
• Menggunakan layanan provider selular (3G, 4G, 5G,CDMA, HSDPA)
• Menggunakan satelit/vsat (very small aperture terminal) -> biaya tinggi
• Menggunakan WiFI (layanan WiFi ID dari telkom, atau kepemilikan organisasi seperti google station )

Internet: Security - Cybercrime
bastamanography.id
Hacker
– Seseorang yang memiliki minat besar untuk mempelajari system komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kemampuannya (Dahulu).
– Seseorang yang mengakses jaringan komputer secara illegal dengan alasan untuk meningkatkan keamanan (Sekarang).
 Cracker
Seseorang yang mengakses komputer atau jaringan secara ilegal dan memiliki niat untuk menghancurkan data, mencuri informasi, atau tindakan jahat lainnya.
Script Kiddie
Script kiddie memiliki maksud yang sama dengan cracker tetapi tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan teknis. Script kiddies sering menggunakan program hacking dan cracking yang sudah dibuat sebelumnya untuk masuk ke dalam komputer dan jaringan.
Corporate spy
Mata-mata perusahaan yang memiliki keterampilan dalam bidang komputer dan jaringan dengan sangat baik dan dipekerjakan untuk masuk ke dalam komputer tertentu dan mencuri data dan informasi yang eksklusif, atau untuk membantu mengidentifikasi risiko keamanan di organisasi mereka sendiri. Perusahaan yang tidak bermoral mempekerjakan mata-mata perusahaan,
praktik ini dikenal sebagai spionase perusahaan, dan dilakukan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
Unethical employee
Karyawan yang menerobos masuk ke dalam komputer pimpinan secara illegal. Alasan: ingin mengeksploitasi kelemahan keamanan, mencari keuntungan finansial dari menjual informasi rahasia, dan ingin membalas dendam karena merasa sakit hati dengan pimpinan.
Cyberextortionist
Seseorang yang menuntut pembayaran untuk menghentikan serangan terhadap infrastruktur teknologi organisasi. Para pelaku ini mengancam untuk memaparkan informasi rahasia, mengeksploitasi celah keamanan, atau meluncurkan serangan yang akan membahayakan jaringan
organisasi - jika mereka tidak dibayar sejumlah uang.
Cyberterrorist.
Seseorang yang menggunakan internet atau jaringan dalam menghancurkan atau merusak komputer karena alasan politik. Istilah, cyberwarfare, menggambarkan serangan yang tujuannya berkisar
dari melumpuhkan jaringan komputer pemerintah untuk melumpuhkan suatu negara.  Biasanya membutuhkan tim individu yang sangat terampil, uang jutaa dolar, dan beberapa tahun perencanaan.

Security - Attacks
 Malware
Perangkat lunak berbahaya yang dapat merubah operasi computer ataupun perangkat seluler tanpa sepengetahuan pengguna.
Jenis-jenisnya:
1. Virus: program yang berpotensi merusak yang memengaruhi, atau menginfeksi, komputer atau perangkat seluler secara negatif dengan mengubah cara komputer atau perangkat bekerja tanpa sepengetahuan atau izin pengguna
2. Worm: program yang menyalin dirinya berulang kali, misalnya di memori atau di jaringan, menggunakan sumber daya dan kemungkinan mematikan komputer, perangkat, atau jaringan.
3. Trojan Horse: program yang bersembunyi di dalam atau terlihat seperti program yang sah. tidak seperti virus atau worm, kuda trojan tidak mereplikasi dirinya ke komputer atau perangkat lain.
Contoh:
• Rootkit: program yang bersembunyi di komputer atau perangkat seluler dan memungkinkan seseorang dari lokasi terpencil untuk mengendalikan komputer atau perangkat secara penuh
• Spyware: program yang ditempatkan di komputer atau perangkat seluler tanpa sepengetahuan pengguna yang secara diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna dan kemudian mengkomunikasikan informasi yang dikumpulkannya ke beberapa sumber luar saat pengguna sedang online.
• Adware: program yang menampilkan iklan online dalam banner, pop-up window, atau pop-under window on webpages, pesan email, atau layanan internet lainnya.
Botnets
Tentara zombie adalah sekelompok komputer atau perangkat seluler yang disusupi dan terhubung ke jaringan, seperti internet, yang digunakan untuk menyerang jaringan lain, biasanya untuk tujuan jahat. Komputer atau perangkat yang terinfeksi, dikenal sebagai zombie, adalah orang yang pemiliknya tidak menyadari bahwa komputer atau perangkat sedang dikendalikan dari jarak jauh oleh orang luar.
DoS Attack
Serangan yang bertujuan untuk mengganggu akses komputer ke layanan Internet, seperti web atau email. Jenis serangan DoS yang lebih dahsyat adalah serangan DoS terdistribusi (serangan DDoS) di mana tentara zombie digunakan untuk menyerang komputer atau jaringan komputer
Back Doors
Program atau serangkaian instruksi dalam program yang memungkinkan pengguna untuk melewati kontrol keamanan ketika mengakses program, komputer, atau jaringan. Begitu pelaku mendapatkan akses ke komputer yang tidak aman, mereka sering memasang back doors atau memodifikasi program yang ada untuk menyertakannya, yang memungkinkan mereka untuk terus mengakses komputer dari jarak jauh tanpa sepengetahuan pengguna.
Spoofing
Teknik yang digunakan oleh penyusup untuk membuat jaringan atau transmisi internetnya sehingga terlihat sah bagi komputer atau jaringan korban. Dua jenis skema spoofing umum adalah IP dan spoofing email.

J. Panduan Dasar Troubleshooting Jarkom
Permasalahan Umum
• Tidak dapat terkoneksi dengan LAN. Penyebabnya:
– NIC (Network Interface Card) driver belum terinstal
– Salah memberikan pengalamatan IP
– Kabel yang digunakan tidak sesuai
– Dampak dari penggunaan Firewall Personal
• Koneksi LAN tidak stabil. Penyebabnya:
– Banyak terdapat interferensi
– Kabel yang digunakan tidak terinstal secara sempurna
– Terjadi looping pada LAN
• Tidak dapat terkoneksi dengan internet
– Salah memasukkan Alamat IP gateway
– Salah memasukkan alamat DNS server
– DNS Server down
– Alamat proxy server belum di setting Permasalahan Umum
• Tidak dapat terkoneksi dengan LAN. Penyebabnya:
– NIC (Network Interface Card) driver belum terinstal
– Salah memberikan pengalamatan IP
– Kabel yang digunakan tidak sesuai
– Dampak dari penggunaan Firewall Personal
• Koneksi LAN tidak stabil. Penyebabnya:
– Banyak terdapat interferensi
– Kabel yang digunakan tidak terinstal secara sempurna
– Terjadi looping pada LAN
• Tidak dapat terkoneksi dengan internet
– Salah memasukkan Alamat IP gateway
– Salah memasukkan alamat DNS server
– DNS Server down
– Alamat proxy server belum di setting

K. Panduan Penggunaan Medsos
SE-16/MK-01/2018 tentang Panduan Aktifitas dan Penggunaan Media Sosial (Medsos) Bagi Pegawai Kementerian Keuangan
- Medsos:
- FB, Twitter, Path, IG, Youtube, dll (media social)
- Blogspot, Kompasiana, WP, dll (blog)
- Whatsapp, BBM, Line, dll (aplikasi percakapan)
- Aktifitas:
- Like, share, comment, post, unggah
Asumsikan bahwa :
- Semua yang diunggah akan dilihat oleh semua orang
- Semua yang sudah diunggah tidak dapat dihapus
- Identitas pengguna selalu bisa dilacak
Anjuran untuk
- Membuka akun sosmed secara berkala untuk memastikan bahwa akun tidak disalahgunakan
- Kenali audiens medsos sebelum beraktifitas
- Like, comment, subscribe dan share akun-akun / unggahan dari medsos Kemenkeu / Eselon I
- Berikan masukan kepada akun medsos Kemenkeu untuk peningkatan performa
- Menggunakan pilihan bahasa yang sesuai
- Membuat / membagikan content yang bermanfaat
- Mengunggah kebijakan Kemenkeu yang perlu diketahui public
- Memastikan informasi yang disampaikan benar
Larangan untuk
- Membagikan identitas pribadi pada unggahan medsos
- Menggunakan email kantor untuk mendaftar medsos
- Mengunggah / share konten hoax
- Like / Share konten pornografi, radikalisme, terorisme, SARA, LGBT, dll
- Mengunggah konten yang menunjukkan pada keberpihakan politik
- Mengunggah konten yang mengandung informasi rahasia negara
- Mengunggah kegiatan perjalanan dinas
- Menggunakan kata “kemenkeu” pada nama pengguna

0 komentar:

Posting Komentar