Minggu, 28 Oktober 2018

PENGANTAR KOMPUTER #6

RESUME 6
FUNGSI IF DENGAN CONDITIONAL FORMATTING


1. Conditional Formatting
2. Fungsi date
3. Fungsi logika if & agregate

Conditional formatting
Conditional formatting merupakan sebuah tools pada kelompok style dari menu home pada aplikasi ms.excel. 
Tools ini dapat membantu dapat membantu memerikan warna dan icon berdasarkan ketentuan yang diberikan.
Ada 5 type conditional formatting pada excel yang dapat kita gunakan
       Highlight Cell Rules, Memformat data dengan syarat lebih besar dari, kurang dari, sama dengan, atau antara.
       Top/Bottom Rules, Memformat data dengan syarat 10 tertinggi atau terendah.
       Data Bars, Memformat data dengan warna bar dengan syarat dari nilai terendah sampai tertinggi secara otomatis.
       Color Scales, Memformat data berdasarkan skala warna yang berbeda dengan syarat dari nilai terendah sampai tertinggi.
       Icon Sets, Memformat data dengan icon/gambar berdasarkan dengan kondisi tertentu.

Fungsi Date


Fungsi logika if
Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel.
Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian.
Fungsi Logika memerlukan operator perbandingan yaitu :
 = (sama dengan)
 < (lebih kecil dari)
 > (lebih besar dari)
 <= (lebih kecil sama dengan)
 >= (lebih besar sama dengan)
 <> (tidak sama dengan)
Bentuk Penulisan:: IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
       Logika IF Tunggal
Contoh :
=IF(A2>50,”Naik Kelas”,”Tinggal Kelas”)
       Logika IF Multiple (IF Nested)
Contoh :
=IF(C4=”A”,”ISTIMEWA”,IF(C4=”B”,”BAIK”,IF(C4=”C”,”CUKUP”,”KURANG”)))
       Logika IF And, Or , Not
Contoh :
=IF(AND(D3="Web Master",E3>10),5%*F3,0)


Fungsi Agregat
Fungsi Count(……)
       Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.
       Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1, value2,…..)
       Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) ® Tekan Enter
Fungsi Average(……)
       Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya
       adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
       Contoh : =AVERAGE(10,5) ® Tekan Enter

Fungsi Sum (.......)
       Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : = SUM(number1, number2, …)
       Contoh : = SUM(7,6,5)  Tekan Enter
Fungsi Product (…….)
       Fungsi Product digunakan untuk melakukan perkalian sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : =PRODUCT(number1, number2,….)
       Contoh : =PRODUCT(4,5,2) ® Tekan Enter
Fungsi Max (.......)
       Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
                Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)
       Contoh : =MAX(14,25,21) ® Tekan Enter
Fungsi Min (.......)
       Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range).
       Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,..)
       Contoh : =MIN(40,5,2) ® Tekan Enter
 


0 komentar:

Posting Komentar