Minggu, 28 Oktober 2018

PENGANTAR KOMPUTER #5

RESUME 5
MICROSOFT OFFICE EXCEL

1. Dasar-Dasar Microsoft Excel
2. Formatting Cell
3. Fungsi Text dan Aritmatika Dasar 
       Microsoft Excel adalah program aplikasi pengolah angka yang sangat berguna untuk mengolah data dengan format spreadsheet, dan analisis, serta sharing informasi untuk meciptakan data informasi dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan Microsoft Excel anda dapat mengolah data yang cukup banyak, menggunakan tampilan PivoTabel, membuat grafik secara profesional dan pengolahan angka yang lainnya
       Spreadsheet merupakan area kerja utama dimana kita dapat mengolah data dengan menggunakan function, formula, dan grafik.
       ROW atau baris, pada Excel diberi tanda berupa angka 1 sampai 1.048.576 atau biasa diartikan jumlah baris di Excel adalah 1.048.576 (Excel 2007 ke atas).
       COLUMN atau kolom  adalah kolom di Excel yang di tandai dengan abjad A sampai dengan XFD atau jika dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom.
       CELL atau Sel adalah pertemuan antara Row dan Column seperti misalnya Sel A1 artinya berada di kolom A dan dibaris ke 1, alamat sel ini akan terlihat dibagian Name Box, Name Box inilah yang menunjukan pada kita dimana posisi sel yang sedang aktif.
RANGE adalah gabungan dari beberapa sel atau bisa juga di artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris misal range A1:A5.

User Interface

Shortcut

Formatting Cell

Berfungsi untuk memberikan tampilan data agar kita mudah dalam membaca data. Format cell adalah pemformatan data dalam cell untuk memberikan suatu sifat atau tipe dari data tersebut dan dengan format cell kita dapat menyajikan data dengan tampilan yang baik.
Klik kanan pada cell -> Klik format cells atau tekan Ctrl + 1

Fungsi Absolut
Fungsi Absolut merupakan fungsi yang digunakan agar penerapan fungsi atau perintah microsoft excel dapat menyesuaikan perpindahan baris dan kolom. Fungsi absolut juga dapat menggunakan tombol F4 dalam microsoft excel.
Fungsi Absolut dalam pemahamannya dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
·         F4 – 1 kali : Diperuntukkan untuk data yang berada pada kolom dan baris tetap. Contoh: $A$1
·         F4 – 2 kali : Diperuntukkan untuk data yang berada pada baris tetap (pergerakan data secara horisontal atau posisi data horisontal). Contoh : A$1
·         F4 – 3 kali : Diperuntukkan untuk data yang berada pada kolom tetap (pergerakan data secara vertikal atau posisi data vertikal). Contoh : $A1
F4 – 4 kali : Untuk menghilangkan fungsi absolut (kembali ke bentuk semula). Contoh: A1 

Fungsi Aritmatika Dasar
Operator matematika yang digunakan adalah :

FUNGSI TEXT
Fungsi UPPER (.......)
       Fungsi UPPER digunakan untuk mengubah bentuk huruf menjadi huruf kapital.
       Bentuk penulisannya : =UPPER(Text)
       Contoh : = UPPER(nama saya) ® Tekan Enter.
Fungsi LOWER (…….)
       Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah bentuk huruf menjadi huruf kecil.
       Bentuk penulisannya : =LOWER(Text)
       Contoh : =LOWER(Nama Saya) ® Tekan Enter
Fungsi PROPER (.......)
       Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah bentuk huruf menjadi huruf kapital pada huruf perrtama saja pada setiap kata.
       Bentuk penulisannya adalah : =PROPER(Text)
       Contoh : =PROPER(Nama saya adalah) ® Tekan Enter
Fungsi TRIM (.......)
       Fungsi TRIM digunakan untuk menghapus space yang berlebihan.
       Bentuk penulisannya adalah : =TRIM(Text)
       Contoh : =TRIM(nama saya adalah) ® Tekan Enter
Fungsi LEN (.......)
       Fungsi LEN digunakan untuk menghitung panjang karakter.
       Bentuk penulisannya : =LEN(Text)
       Contoh : = LEN(nama saya adalah siapa) ® Tekan Enter.
Fungsi LEFT (…….)
       Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari kiri.
       Bentuk penulisannya : =LEFT(Text,[num_chars])
       Contoh : =LEFT(nama saya adalah,5) ® Tekan Enter
Fungsi RIGHT (.......)
       Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari kanan.
       Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(Text,[num_chars])
       Contoh : =RIGHT(Nama saya adalah,3) ® Tekan Enter
Fungsi MID (.......)
       Fungsi MID digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari posisi tertentu.
       Bentuk penulisannya adalah : =MID(Text,start_number,[num_chars])
       Contoh : =MID(nama saya adalah,5,4) ® Tekan Enter
Fungsi CONCATENATE (.......)
       Fungsi CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan kata.
       Bentuk penulisannya : = CONCATENATE(Text_1,Text_2)
       Contoh : = CONCATENATE(saya,adalah) ® Tekan Enter.
Fungsi FIND (…….)
       Fungsi FIND digunakan untuk mencari text.
       Bentuk penulisannya : =FIND(Find_Text,within_text,[start_num])
       Contoh : = FIND(“a”,B3,5) ® Tekan Enter
       Bersifat Case Sensitif
Fungsi SEARCH (.......)
       Fungsi SEARCH digunakan untuk mencari text.
       Bentuk penulisannya : = SEARCH (Find_Text,within_text,[start_num])
       Contoh : = SEARCH(“a”,B3,5) ® Tekan Enter
       Tidak bersifat Case sensitif

0 komentar:

Posting Komentar